Kopi (Dengan Segala Manfaatnya)

Pohon Kopi
Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda.Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Sejarah kopi telah dicatat sejauh pada abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia, dimana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi disana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Manfaat Minum Kopi

Tidak selamanya kopi merugikan tubuh kita. Kopi pun memiliki manfaat-manfaat bagi tubuh kita. Jadi kita tak perlu takut minum kopi. Beberapa dari 1.000 bahan kimia yang terdapat dalam kopi – termasuk antioksidan – mungkin menawarkan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan tim dari University of Utah, Amerika Serikat.

Penelitian terdiri dari sembilan studi yang dilakukan di Eropa, Amerika dan Amerika Tengah, dengan membandingkan kebiasaan minum kopi sekitar 5000 pasien kanker dan lebih dari 9.000 orang sehat. Dari penelitian juga dilihat kebiasaan merokok, makan dan juga konsumsi alkohol. Para peneliti menemukan, peminum kopi reguler risiko terkena kanker mulut dan kerongkongan, lebih rendah 39 persen daripada orang yang tidak minum kopi. Selain itu kopi juga bermanfaat untuk beberapa hal terutama dalam rangka mencegah penyakit, antara lain :
  1. Kopi bisa melindungi gigi. Kopi mengandung kafein yang memiliki kemampuan antibakteri antilengket,sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum secangkir kopi setiap hari terbukti mampu mencegah resiko kanker mulut hingga separuhnya.
  2. Mencegah penyakir saraf. Peminum kopi berkafein cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak,yang kerap dihubungkan dengan Alzheimer.
  3. Melindungi kulit. Jika kita mengonsumsi 2-3 cangkir kopi sehari dapat membantu menurunkan resiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 %. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker,dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.
  4. Mencegah diabetes. Orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan resiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen. Asam klorogenik pada kopi ternyata dapat membantu mencegah resistensi insulin,yang merupakan pertanda adanya penyakit ini.
  5. Mengimbangi Kebiasaan Jelek Lainnya. Kopi tidak hanya memiliki efek yang bagus bagi tubuh dalam hal melawan penyakit, namun juga dapat membantu untuk mengimbangi atau memutar balik resiko yang diakibatkan oleh kebiasaan buruk. Menurut Thomas DePaulis, “Perokok dan peminum berat akan memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan gangguan liver bila mereka memiliki kebiasaan minum kopi secara teratur dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.
  6. Mengobati berbagai macam penyakit. Ada bukti yang menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mencegah serangan asma dan bahkan dapat mengaturnya di saat kekurangan obat tradisional. Juga, kopi sangat bermanfaat dalam mengobati sakit kepala, khususnya migrain, dan penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi meningkatkan perlindungan terhadap rongga perutnya sendiri.
  7. Mengurangi Berat Badan. Tersedianya anti-oksidan alami dalam kopi, dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Fakta baru lain, yang baru-baru ini ditemukan oleh Fulgencio Saura-Calixto dan M. Elena Diaz-Rubio dalam ACS’ Journal of Agricultural and Food Chemistry, menemukan bahwa kopi bubuk masak dapat menjadi sumber serat yang baik, setiap cangkir mengandung hampir 2 gram serat yang mudah larut. Kebanyakan orang yang menjalani diet sangat sadar akan manfaat serat dalam hal pengurangan berat badan. Menurut penelitian, “kandungan serat yang terdapat pada kopi bubuk masak lebih tinggi dibandingkan minuman umum lain seperti anggur maupun jus jeruk.”
  8. Membantu Mengontrol Depresi. Kopi telah membuktikan dapat membantu mengatur maupun menanggulangi depresi. Sebagian, tentu saja, karena kandungan kafein membuat kita tetap sadar, yang dapat mengurangi perasaan depresi, namun mungkin juga berhubungan dengan tingkat oksidan yang terkandung dalam secangkir kopi. Sebenarnya, suatu penelitian dari Brazil baru-baru ini menunjukkan bahwa bahkan anak-anak dapat meminum kopi dalam jumlah yang sesuai dengan usianya untuk mengatasi depresi. Kenyataannya, dalam penelitian menunjukkan sejumlah kecil kopi (1-2 cangkir sehari) sesungguhnya memiliki manfaat bagi kesehatan anak-anak, meskipun pernyataan sebelumnya menyatakan bahwa meminum kopi dapat menghambat pertumbuhan seseorang.

Kopi sebagai penyembuh hubungan yang tidak harmonis

Tak bisa disangkal lagi bahwa “kebersamaan pasutri yang mesra” adalah kebutuhan utama dalam hidup berumah tangga, namun saat ini hal tersebut juga menjadi persoalan yang pelik tatkala salah satu pihak tidak mampu dalam “memuaskan” pasangannya.

Bisa jadi hal tersebut akan memberikan akumulasi permasalahan yang akhirnya memuncak..dan berakhir dengan runtuhnya mahligai rumah tangga yang sudah dibangun selama bertahun tahun. Tentunya hal itu pasti tidak ingin dialami oleh siapapun juga... termasuk anda, bukan?

Lalu apa hubungannya dengan minum kopi.? Ternyata Kopi dapat membantu untuk mengatasi masalah diatas. Dengan minum kopi yang dibuat khusus untuk pria dan wanita ini diharapkan dapat memberikan manfaat bukan hanya untuk kesehatan saja melainkan juga dapat menjadikan hubungan pernikahan yang tidak harmonis bisa kembali "berbunga-bunga".
Description: Kopi (Dengan Segala Manfaatnya) Rating: 4.5 Reviewer: ando_aja - ItemReviewed: Kopi (Dengan Segala Manfaatnya)

Ditulis Oleh : ando_aja ~ Ragam Obat Herbal

Ando Prasetya Z Sobat sedang membaca artikel tentang Kopi (Dengan Segala Manfaatnya). Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Home ! ::

Artikel Terkait

0 comments:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Post a Comment

Review doliherbal.blogspot.com on alexa.com
 
Copyright © 2012 Ragam Obat Herbal | Design by doliherbal | Powered by infoteknomedia